October 15, 2017

Roseola Infantum

Roseola atau dalam istilah medis lainnya disebut roseola infantum, merupakan infeksi virus yang menyerang bayi atau anak-anak dengan gejala utama berupa demam dan ruam merah muda di kulit. Usia enam bulan hingga satu setengah tahun merupakan usia yang paling rentan terkena kondisi ini.

Sabtu, 30 September 2017

Perasaan aneh mulai muncul saat Biya tiba-tiba demam setelah bangun dari tidur siang padahal pagi harinya dia masih baik-baik saja.

"Oh mungkin kecapean atau mau tumbuh gigi lagi ya", gumam saya.

Biya memang agak rewel dan dia terus menyusu, tidak enak makan sambil saya peluk berharap panasnya segera turun.


Minggu, 1 Oktober 2017

Panas Biya mulai turun walau tubuhnya masih hangat, saya beri minum Paracetamol dan sorenya dia mulai ceria lagi. Tubuhnya sudah dingin, tapi di saat yang sama muncul ruam merah di bagian punggung, tengkuk, dan dada.

"Oh mungkin karena terlalu panas, jadi biang keringat dan kulitnya memerah", pikir saya.

Padahal dalam hati saya panik, jangan-jangan ini DBD nih. Tapi kalau kulitnya direnggangkan, merahnya hilang, dan panasnya nggak turun naik. Oke, kita lihat besok.

October 12, 2017

Patahan #86

Aku.

Menjadi ibu.

Selalu khawatir, setiap hari, berlarian bersama waktu.

October 11, 2017

Motherhood #6: Kembali ke Daycare

Setelah lebaran adalah Hari Patah Hati untuk ibu-ibu yang ditinggal pergi pengasuh dan ART.


Hiks.


Jadi, lebaran kemarin mak pengasuh yang sudah kerja hampir setahun sama saya memilih untuk menetap ke kampungnya dan kembali pada suaminya. Saya turut berbahagia, tapi sudah sayang banget sama si mak ini, jadi rasanya belum bisa move on. Apalagi pada saat lebaran itu, belum ada cadangan pengasuh untuk Biya #dilematakberujung.

Baiklah, akhirnya saya cuti seminggu setelah lebaran. Kebetulan mama dan abah lebaran di Semarang lalu menginap di rumah saya saat saya cuti, seneeeng soalnya tahun ini nggak pulang kampung tapi sedih banget karena bareng-barengnya cuma sebentar.

Di saat galau ditinggal pengasuh, saya dikenalkan sama seorang ibu yang mau bekerja di rumah dan kelihatan sudah berpengalaman terlebih dia sangat butuh uang untuk membiayai pendidikan putrinya. Si ibu tinggal di Jakarta Utara dan dekat dengan kantor suami. Jadi pada saat jam istirahat, suami datang ke rumah si ibu sambil kenalan, sambil merekam diam-diam hasil wawancaranya untuk saya.

Waktu saya nonton videonya, saya sempat nangis sih, semacam bad feeling, beneran nih mau dititip sama si ibu? Tapi mama menguatkan saya kalau everything would be alright, dan datanglah si ibu di hari Minggu setelah mama saya pulang ke Medan.

Biya is a good girl, dia nggak nangis sama sekali kenalan sama si ibu. Alhamdulillah, saya pikir. Nggak perlu diajarin sama sekali, si ibu sudah mengerti apa yang harus dilakukan. Saya lega untuk ke kantor besoknya.

May 20, 2017

Terbang Berdua Bayi

Hehe, mungkin lebih tepatnya bukan bayi ya, tapi batita alias toddler!

Nah, ini yang ditunggu tunggu... alhamdulillah dikasih kesempatan dinas luar ke kampung halaman, jadinya dinas rasa mudik hehe. Pas banget udah hampir setahun nggak pulang dan lebaran kali ini giliran ke kampung suami.

Tapi yang bikin deg degan adalah ini pertama kali saya bakal naik pesawat nggak didampingi teman atau suami, yaitu berdua sama Biya doang. Apalagi Biya udah jumpalitan, kalau masih bayi tinggal disusuin dan tidur deh... sekarang lebih menantang, gimana kalau dia tantrum, rewel, atau saya kerepotan. Hmmm, bismillah terima tantangan!

April 27, 2017

MPASI Nugget Ayam

Setelah usia 1 tahun, rasanya lebih lega hehe. Biya sudah boleh makan menu rumahan, nggak perlu pegal untuk memarut dan menyaring, dan makanannya lebih variatif. Mama merasa tertantang!

Dulu menu makan Biya dalam sehari sama untuk tiga kali makan. Tapi sekarang Biya sudah pintar pilih-pilih. Biya nggak mau makan nasi di pagi hari (duh, sama kayak Mama nih hihi), Biya maunya yang manis-manis. Akhirnya putar otak, untuk sarapan saya buatkan oatmeal dengan berbagai topping (keju, telur, buah, madu, kurma, apa aja yang ada hehe), pancake, roti, omelet, pasta, apa aja hayuuu asal jangan nasi.

Dan, supaya nggak bosen. Setelah belajar bikin bakso, nugget ayam homemade juga bisa jadi menu andalan MPASI yang pasti disukaaa. Apalagi kalau buru-buru hehe.

April 24, 2017

Reviu Miniz Playground Circuz Town

Huoraaay, bulan April ini banyak tanggal merahnya. Tapi seperti biasa, selain kelonan bingung deh mau jalan-jalan kemana, yang nggak pakai macet dan juga murmer.

Akhirnya setelah browsing, ketemu deh satu tempat bermain yang cocok buat toddler yang lagi aktif-aktifnya. Lokasinya di Circuz Town Summarecon Mall Serpong. Oke, berangkat!

Saat weekend, biaya masuknya adalah 50 ribu untuk 1 jam dan 10 ribu untuk pendamping. Tapi kalau weekday, 50 ribu berlaku sepuasnya lho. Sayangnya pas Biya kesana, Biya sendirian di playground hehe jadinya kurang seru nggak ada teman mainnya, tapi kalau playground untuk anak usia preschool sih ramai. Mama deh yang jadi teman lari-lari Biya. Biya jadi penguasa playground, LOL.

Di playground ini, Biya saya ajak mencoba setiap fasilitas yang disajikan (mama nggak mau rugi). Ada hewan-hewan dan tumbuhan berlapis balon yang bisa dipanjat dan dinaiki, perosotan, rumah mainan, mandi bola, dan sepeda. Biya paling senang naik perosotan, dia minta berkali-kali!

March 27, 2017

Happy Birthday, Biya!

24 Maret 2017.

Barakallahu fii umrik, anakku. Kau adalah kekuatan, untaian doa di setiap helai napas kami. Smoga Allah senantiasa melimpahkan kebaikan dan perlindungan untukmu, dan menjadikan kami orang tua yang lebih baik dalam menjaga amanah ini. Love you, my dear baby ♡ 

Alhamdulillah, tidak terasa anak bayik ini sudah berusia 1 tahun. Artinya, tepat 1 tahun pula kelahiran kami menjadi ayah dan ibu, menjadi ibu menyusui untuk Biya, dan sekolah hidup sebagai orang tua.

Di usia 1 tahun ini, Biya sudah banyak pintarnya. Sudah mulai mandiri, pingin tauuu, dan punya ego atau keinginannya sendiri. Sudah bisa jalan, sudah lepas dot, bisa mengucap satu dua kata, bisa bergaya, maunya makan nasi dan disuapi pakai sendok orang dewasa. Hehehe ada ada saja kamu nak...

Perayaan ulang tahun Biya hanya syukuran kecil-kecilan di rumah. Senang sekali ada nenek dan tante yang datang dari Singkawang dan Jogja, ramai deh rumah kecil kami. Saya memesan nasi tumpeng dan kue cokelat, yang perdana dicicip sama Biya hehe.

February 23, 2017

Kencan Sama Bayi ♡

Setelah dinas yang menggulung perasaan (ehem), besoknya saya langsung mengagendakan quality time sama Biya. Nggak jauh-jauh sih, awalnya mau makan siang bareng mak pengasuh di Lotte Mall Bintaro. Tapi mak pengasuh nggak mau ikut, katanya mumpung panas nih enaknya nyuci (sedih ditolak, si mak rajin amat hehe).

Akhirnya, ehem, dengan keberanian dan sedikit desir-desir di dada, saya memberanikan diri berdua aja ke mall sama Biya ehehehehe. Pastinya, dengan izin si ayah. Saya pun memesan go-car ke Lotte. Tak lupa bawa bekal makan siang Biya, gendongan, dan ransel biar tangan bebas megang bayi.

Saya makan bareng Biya di food court lantai 3. Saya cuma pesan es pisang ijo, soalnya belum laper. Sayangnya, nggak ada high cair di food court. Biya baweeel banget, kayaknya dia happy, makannya lahap, abisss!

February 22, 2017

Ketika Harus Dinas

Yeayyy.

Postingan ini dibuat dengan keadaan hati yang sungguh lapang karena hari-hari yang buat galau itu sudah berlalu.

It was a tough week. And, first time is never easy.

Dan, tibalah masa dimana dinas luar kota tak terhindarkan. Kalau bisa mah nggak usah aja saya yang berangkat, saya di kantor aja terus gitu, tapi bisa nggak bisa kali ini harus bisa...

Jadi, dengan penuh kegalauan, apa saja yang saya persiapkan untuk menghadapi dinas pertama tersebut? Plus, dengan status jadi busui bayi yang masih 11 bulan.