Sabtu Bersama Bapak

"Jadi suami."

"Kenapa takut, Mas?"

"Sebenarnya bukan takut, sih. Tapi berat."

"Apa yang bikin jadi suami itu berat?"

"Ketika seorang laki-laki dan perempuan menikah, laki-laki itu meminta banyak dari perempuan.
Saya pilih kamu.
Tolong pilih saya, untuk menghabiskan sisa hidup kamu. Dan saya akan menghabiskan sisa hidup saya bersama kamu. 
Percayakan hidup kamu pada saya. Dan saya penuhi tugas saya padamu, nafkah lahir dan batin.
Pindahkan baktimu. Tidak lagi baktimu kepada orangtuamu. Baktimu sekarang pada saya. 
Itu, tiga perkara yang pria minta dari perempuan. Banyak laki-laki yang saat menikah tidak tahu bahwa mereka meminta ini. Banyak juga laki-laki yang bahkan kemudian hari, mencederai tiga hal ini."

***

Salah satu kutipan favorit saya dari buku Sabtu Bersama Bapak di halaman 220-221. Buku yang sangat bagus dan mengharukan dari Adhitya Mulya.


Pas dibaca di hari Sabtu, saat kangen dengan Abah, ataupun dibaca berkali-kali karena penuh pelajaran hidup: pelajaran tentang menjadi bapak, menjadi ibu, menjadi suami, menjadi istri, menjadi anak, menjadi keluarga :)

Comments

Popular Posts